Catetan Seorang Wartawan Stres…!!!

Sekedar curhatan

Pemerintah Minta Hak Cipta KFX, Yang bener aja…!!!

RI seeks copyright deal in KFX jet program,

Ada yang salah dengan judul itu, RI meminta Hak Cipta atas pesawat tempur KFX…??? YANG BENAR SAJA…!!! itulah kalimat yang pertama kali terlintas di benak saya. Yeah right, Hak Cipta pada sebuah rancangan pesawat tempur super canggih yang masih berada di angan-angan.

Entah apa sebenarnya yang ada dalam pikiran Pemerintah Indonesia tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Selalu saja Pemerintah salah menyebut jenis bidang perlindungan hukum ini. Dulu karya seni minta dipatenkan, sekarang sebuah rancangan pesawat tempur beserta teknologi di dalamnya diminta Hak Ciptanya. Kacau, kata itu mungkin ungkapan paling tepat bagi pemerintah dalam hal menginterpretasikan HKI. Dari situ jelas sudah, kalau pemerintah dan ahli hukumnya tidak mengerti tentang HKI sama sekali.

Kembali ke kasus Hak Cipta KFX yang diminta Pemerintah Indonesia. Pada masalah ini, HKI yang harusnya dikejar oleh Pemerintah adalah Hak Desain Industri dan Paten teknologi yang ada dalam pesawat tempur KFX.Desain Industri berkaitan dengan gambar cetak biru KFX, sedangkan Paten berkaitan dengan teknologi yang terkandung dalam pesawat tempur nantinya.

Cetak biru, walau pun terlihat seperti gambar tetapi perlindungan yang diberikan kepadanya adalah menggunakan Desain Industri, karena dari gambar tersebut adalah gambar rancang bangun yang dapat dituangkan dalam bentuk dua dimensi, tiga dimensi dan menjadi bentuk empat dimensi yang diterapkan dalam industri dan dapat dibuat secara massal.

Untuk paten, jelas. perlindungan ini diberikan kepada penemuan-penemuan teknologi terbaru, atau teknologi yag aan digunakan nantinya di pesawat tempur KFX.

Lalu mengapa Pemerintah justru meminta Hak Cipta, bukan dua perlindungan di atas. Hal ini terjadi bisa saja karena Pemerintah beranggapan bahwa gambar cetak biru KFX adalah gambar yang dilindungi dengan menggunakan perlindungan Hak Cipta. Memang tidak sepenuhnya salah, karena Desain Industri di Indonesia berkaitan dengan Hak Cipta, tidak seperti di AS yang berkaitan dengan Paten, sehingga banyak yang mengira gambar desain industri itu dilindungi Hak Cipta.

Advertisements

September 17, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: